GAMPANGQQ | Peringatan Tsunami Diharapkan Untuk Warga Cipatuh Segera Kedataran Tinggi

GAMPANGQQ | Peringatan Tsunami Diharapkan Untuk Warga Cipatuh Segera Kedataran Tinggi
GAMPANGQQ | Peringatan Tsunami Diharapkan Untuk Warga Cipatuh Segera Kedataran Tinggi

GampangQQ - Warga yang tinggal di pesisir pantai Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengungsi ke dataran tinggi untuk menghindari ancaman bahaya tsunami yang diperkirakan melanda laut selatan Tasikmalaya pada Sabtu dini hari ini, usai gempa berkekuatan 6,9 skala Richter (sebelumnya disebut 7,3 SR) pada Jumat tengah malam tadi.

Kepala Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya, Yayan Siswandi mengatakan warga yang berada di kawasan pantai sudah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. "Warga di sepanjang pantai sudah diarahkan ke dataran yang lebih tinggi," ucap dia, Sabtu (16/12/2017) dini hari, dilansir Antara.

BACA ARTIKEL INI : GAMPANGQQ | Seberapa Besar Peluang Golkar Ditangan Airlangga Hartanto?

Ia menyampaikan, setelah terjadinya gempa bumi berkekuatan 6,9 SR di barat daya Tasikmalaya, kondisi sepanjang pantai Tasikmalaya gelap karena mati lampu. Petugas yang terjun ke pesisir pantai, sudah mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati pantai."Semua diimbau menjauh dari pantai," kata Yayan.

Ia mengatakan, sementara warga berada di titik kumpul seperti Kantor Kecamatan Cipatujah, kantor desa dan bangunan terbuka seperti sekolah yang lokasinya berada di dataran tinggi.

Laporan sementara, kata dia, tidak ada laporan korban jiwa akibat gempa, hanya laporan kerusakan yang belum dapat diketahui secara rinci. "Kerusakan belum bisa dilaporkan secara detail," kata Yayan.

Situs Resmi GampangQQ - Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa bumi berkekuatan 6,9 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 120 km pada Jumat, 16 Desember 2017 pukul 23.47.58 WIB. Pusat gempa di darat atau dekat pantai.

"Selang 5 menit setelah terjadi gempa, BMKG mengaktivasi peringatan dini tsunami," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2017).

Wilayah di pesisir di Ciamis dan Tasimalaya Provinsi Jawa Barat berpotensi tsunami dengan level Siaga Tsunami, yaitu ketinggian tsunami antara 0,5 meter hingga kurang dari 3 meter. Sedangkan di pesisir Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Cianjur, Garut, Sukabumi, Cilacap dan Kebumen pada level Waspada Tsunami dengan potensi tsunami ketinggian kurang dari 0,5 meter.

GAMPANGMENANGQQ - Pusat gempa yang berada di darat atau dekat pantai menyebabkan guncangan keras dirasakan oleh masyarakat. Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Jakarta II-III, Bandung III-IV MMI, Depok II-III MMI, Karangkates III-IV MMI, Ngawi II MMI, Madiun II MMI, Nganjuk II MMI, Bandung II MMI, Mataram II MMI, Kebumen III-IV, Yogyakarta III MMI. Guncangan gempa bumi ini dilaporkan terasa di pesisir selatan Pulau Jawa.
gampangqq.com
TERIMA KASIH TELAH MELUANGKAN WAKTU ANDA UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI

Comments

Popular posts from this blog

GAMPANGQQ | Transaksi E-CASH Tersedia Diwebsite GampangQQ

GAMPANGQQ | Cara Agar Menang Banyak Dalam BadarQ

GAMPANGQQ | Rumah Pemilik Diskotek MG Digeledah BNN